Model Kanopi Baja Ringan Minimalis Modern 2023

Mau menambahkan kanopi untuk mempercantik rumah? Ada deretan model kanopi baja ringan minimalis modern yang bisa dijadikan pilihan. Anda tinggal pilih mana yang sesuai dengan konsep rumah, agar fungsi dan tujuan penggunaannya benar-benar terwujud.

Belakangan ini semakin banyak orang menambahkan kanopi pada sebuah bangunan, baik itu rumah kantor dan lainnya. Ada yang memadupadankannya dengan konsep utama rumah, namun ada yang memang sengaja membentuk konsep sendiri untuk menyempurnakan keindahan eksterior bangunan.

Model Kanopi Baja Ringan Minimalis Modern

Model Kanopi Baja Ringan Minimalis Modern

Baja ringan merupakan salah satu bahan paling banyak dipilih untuk pembuatan kanopi, selain mudah digunakan juga bisa membentuk berbagai desai dan dipadukan dengan material lain. Penasaran model kanopi baja ringan minimalis namun tetap memberikan kesan modern? Berikut Rumarumi sajikan daftarnya.

1. Model Kanopi Laser Cut

Ini adalah perpaduan modern dan minimalis yang sangat unik dan sering digunakan pada bangunan bertema aesthetic seperti café yang ingin punya ciri khas sendiri.

Baja ringan menjadi bahan utamanya, mulai dari bagian rangka, tiang penyangga dan bahan penutup atas dengan sistem laser cut membentuk motif-motif tertentu yang unik.

Lantas bagaimana dengan bagian yang bolong dan terbuka dari desain laser cut tersebut? Ada yang melapisi bagian atas atap tambahan ini dengan kaca transparan, sehingga tidak menghilangkan center point nya yaitu ukiran laser cut yang unik tersebut.

2. Model Kanopi Tiang V

Ini adalah model standar yang paling sering dipilih sebagai model kanopi baja ringan minimalis modern. Rangka baja ringan menyatu dengan penyangga yang berbentuk huruf V terdapat pada sisi kiri dan kanan kanopi, tergolong kuat dan mampu menahan beban bagian atasnya dengan baik.

Sebagai bagian penutup kanopi bisa dipilih material tambahan seperti kaca, seng, atau bahan lainnya yang mampu menahan panas dan tidak mudah bocor ketika musim hujan.

3. Model Kanopi Transparan

Jika ingin rumah kecil Anda terlihat minimalis sekaligus modern dan elegan, memilih kanopi dengan bahan baja ringan transparan ini dapat dijadikan pilihan utama.

Rangka utamanya tetap dibuat dari baja ringan, namun untuk atap utama di bagian atas dilapisi bahan kaca tebal tempered atau laminated.

Kaca tempered memiliki ketebalan maksimal, sehingga meskipun transparan tetap saja tidak akan meneruskan cahaya matahari yang terik sehingga area di bawah kanopi akan tetap sejuk.

Model ini, dapat diimplementasikan pada bagian depan rumah, area teras belakang sebagai tempat relaksasi keluarga.

4. Model Kanopi Lipat

Jika Anda tinggal di area terbatas, mungkin bingung jika ingin menambahkan kanopi karena akan membuat lahan terlihat lebih sempit.

Memilih kanopi lipat adalah solusinya, hanya digunakan ketika dibutuhkan sedangkan ketika tidak dipakai tinggal dilipat ke salah satu sisi sehingga merapat ke bagian dinding utama bangunan.

Penggunaan utamanya seperti untuk parkir kendaraan di siang hari, melakukan acara outdoor bersama keluarga, atau saat hari hujan agar percikan air tidak masuk ke area rumah bagian depan.

5. Model Kanopi Dua Penyangga

Ada juga yang unik, yaitu model kanopi baja ringan minimalis modern dengan dua penyangga hanya pada satu sisi saja. Sehingga terlihat menggantung meskipun sebenarnya tetap bertumpu pada penyangga yang ada.

Model kanopi ini, cocok untuk bagian teras samping depan rumah minimalis tanpa garasi sebagai tempat parkir kendaraan. Soal material di bagian atapnya, bisa memilih bahan kayu atau yang lebih murah adalah bahan spandek dan metal sehingga warnanya menjadi lebih modern yaitu silver.

6. Model Kanopi Tenda

Untuk membuat model kanopi tenda, bagian rangka baja ringannya akan membentuk lengkungan di bagian atas. Dilengkapi penyangga utama di empat titik yaitu kiri depan dan belakang, serta bagian kanan kiri dan belakang.

Untuk bagian atasnya bisa diberi material fiber, uPVC Alderon, atau polycarbonate yang bisa dibentuk melengkung sempurna sehingga bentuk tenda minimalis bisa terlihat lebih simetris dan indah.

7. Model Kanopi Gantung

Kanopi gantung bisa dipakai pada bagian samping rumah untuk menghindari terik matahari langsung, yang bisa masuk ke area dalam bangunan.

Teknik pembuatannya sebenarnya sama saja dengan kanopi pada umumnya, namun untuk penyangganya dibuat menempel pada bagian dinding utama rumah. Bisa juga dibuat tersendiri pada bagian sisi dalam kanopi sehingga kanopi lebih terlihat menggantung.

Bahan material yang biasa dipadukan dengan rangka baja ringannya adalah, bahan fiber atau polycarbonate. Ada juga yang menggunakan metal khusus dengan desain unik atau spandek dengan harga lebih murah.

8. Model Kanopi Tiga Tiang

Jika ingin yang lebih unik, tahan lama, dan dapat dipadukan dengan berbagai material lain adalah model kanopi tiga tiang ini. Penyangganya terdiri dari tiga tiang baja ringan yang dengan tingkat kemiringan tertentu.

Baca juga: Model Kanopi Terbaru

Fungsi Kanopi untuk Bangunan

Sebelum menentukan model kanopi baja ringan minimalis modern yang ingin diaplikasikan, Anda juga perlu tahu terlebih dahulu apa saja fungsi dari kanopi atau atap tambahan tersebut. Jadi nantinya Anda bisa memilih berdasarkan fungsi tersebut.

1. Menghindari Panas dan Hujan

Menghindari Panas dan Hujan

Tinggal di daerah tropis dengan intensitas cahaya matahari maksimal, akan membuat hunian menjadi panas apalagi jika di bagian depan atau samping rumah tidak memiliki area berkanopi.

Panasnya matahari akan langsung masuk ke dalam rumah sehingga membuat ruangan lebih panas. Begitu juga ketika hujan, air rembesan hujan bisa langsung masuk ke dalam rumah ketika tidak ada penghalang di bagian luar rumah.

Dengan adanya kanopi, panas terik akan dipantulkan kembali dari bagian atap kanopi sehingga tidak membuat panas di area dalam rumah. Begitu juga ketika hujan, tetesan hujan akan ditampung di bagian atap kanopi, kemudian mengalir ke saluran pembuangan yang sudah tersedia.

2. Menyempurnakan Konsep Hunian

Menyempurnakan Konsep Hunian

Kanopi juga bisa menjadi penyempurna konsep sebuah rumah, apalagi jika pemilihan material dan lokasi pembuatannya tepat.

3. Hemat Pembangunan Bagian Eksterior

Hemat Pembangunan Bagian Eksterior

Hanya dengan menambahkan kanopi, eksterior sebuah hunian tidak lagi butuh tambahan material lain dengan harga lebih mahal termasuk atap. Alasannya, bahan baja ringan tergolong murah apalagi kalau dipadukan dengan penutup atap kanopi dengan bahan murah namun berkualitas.

Jika dikalkulasikan dan dibandingkan, memakai kanopi akan jauh lebih murah ketimbang membuat atap permanen tambahan pada bagian luar rumah.

Baca juga: Model Pintu Aluminium Minimalis Mewah

4. Hemat Listrik

Hemat Listrik

Saat kanopi sudah terpasang, udara di dalam rumah akan menjadi lebih sejuk, Anda tidak perlu menggunakan pendingin ruangan lebih sering. Ini tentunya akan membantu meminimalisir pengeluaran listrik bulanan.

5. Pemanfaatan Maksimal Area Lahan Bangunan

Pemanfaatan Maksimal Area Lahan Bangunan

Kalau selama ini ada area di luar rumah Anda yang masih belum termanfaatkan dengan baik, dengan memberikan kanopi maka area di bawah kanopi bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan.

Contohnya adalah area parkir kendaraan tambahan ketika ada tamu, area menggelar acara barbeque keluarga saat musim hujan. Tidak perlu membayar mahal kalau mau menerapkan pembangunan salah satu model kanopi baja ringan minimalis modern di atas. Anda tinggal memilih modelnya, lalu pastikan dibangun di lokasi yang tepat supaya fungsi kanopi berjalan dengan baik.

Photo of author

rumarumi

Make Your Best Home

Tinggalkan komentar